Mas Template Iri Hati? No Way!! - ISLAM LOVERZ
Headlines News :
Home » » Iri Hati? No Way!!

Iri Hati? No Way!!

Written By bitkyojin on Tuesday, December 24, 2013 | 1:18 PM

iri hati
"Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karunia) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. An-Nisa ayat 32)

ISLAM LOVERZ -- Dari ayat Al-Quran di atas sudah jelas, bahwa setiap manusia pasti memiliki bagiannya masing-masing, tergantung apa yang kita usahakan. Allah telah memberikan karunia-Nya kepada orang-orang yang memang berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan baik laki-laki maupun perempuan. Semua sudah ada bagiannya. Tidak usah kita iri hati.

Namun ada pengecualian untuk hal ini. Kita boleh iri hati kepada orang lain yang memang dia mendapatkan lebih. Contohnya, Abdul adalah seorang siswa yang selalu mendapatkan nilai bagus. Dia selalu rangking 1 karena Abdul rajin belajar, berlatih dan berdoa di rumahnya.

Nah, untuk hal seperti itu, kita boleh iri hati terhadap Abdul, kemudian berpikirlah positif bagaimana caranya agar kita bisa seperti Abdul, maka ikutilah cara yang dilakukan Abdul. Dengan kita rajin belajar, rajin berlatih, dan berdoa. Niscaya, kita pun akan mendapatkan hal yang sama seperti Abdul.

Berikut adalah beberapa tips dan cara menghilangkan sifat iri hati (negatif):

1. Sibukkan diri dengan mendekatkan diri kepada Allah. Tentu hal ini dapat melupakan dan mengubur dalam-dalam sifat iri hati kita. Dengan menyibukkan diri untuk mendekatkan diri kepada Allah akan membuat kita lupa dan tidak ada waktu untuk iri hati terhadap orang lain.

2. Harmonis dengan orang tua. Kehidupan sebagai anak manusia pasti tidak akan terlepas dari orang tua. Orang tua adalah sumber kekuatan. Mintalah nasihat dan solusi kepada mereka.

3. Cobalah mencari kesibukkan lain. Sama halnya dengan yang pertama, dengan mempunyai aktivitas lain seperti berolahraga, fitness, rekreasi, rihlah, belajar, dan hal lainnya. Kerjakanlah aktivitas/rutinitas kita sehingga kita lupa untuk iri hati kepada orang lain.

4. Jadilah diri sendiri. Kebanyakan orang yang iri adalah orang yang tidak menjadi diri sendiri. Artinya, kita harus belajar dewasa dan memahami siapa dan apa kelebihan kita. Tidak usahlah iri hati, lihat dan tunjukkan kelebihan kita.

5. Berkumpul dengan orang yang baik. Teman adalah tempat yang pas untuk berbagi, baik itu pengalaman, curahan hati, dan seputar masa depan. Carilah teman yang baik tentunya, karena teman yang baik tidak akan membuat kita semakin tertekan. Justru dia akan memberikan solusi dan nasihat yang terbaik untuk kita.

Dari ulasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa iri hati bisa menjadi sangat berbahaya dan menyiksa batin kita sendiri. Tentu akan menimbulkan perpecahan jika kita tidak mampu menahan penyakit hati ini. Kemudian iri hati juga bisa menimbulkan hal yang positif jika kita berusaha, kerja keras, dan berdoa bisa membuat kita meraih apa yang kita inginkan.

Sumber : Kita Muslim / hambamohon.comkautsar.com
Artikel Bermanfaat? :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Advertisement

ASMAUL HUSNA

SUBSCRIBE NEWS LETTER

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013-2014. ISLAM LOVERZ - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya