Mas Template Bahaya Ghibah - ISLAM LOVERZ
Headlines News :
Home » » Bahaya Ghibah

Bahaya Ghibah

Written By bitkyojin on Wednesday, February 5, 2014 | 10:58 AM

bergosip

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Sahabatku yang dirahmati Allah, Di antara wujud kesempurnaan agama Islam sebagai rahmatan lil’alamin, adalah ajarannya yang memproteksi, memelihara dan menjunjung tinggi kehormatan, harga diri, sempurna. Kehormatan dan harga diri merupakan perkara yang prinsip bagi kelangsungan hidup manusia.

Setiap orang pasti berusaha untuk menjaga dan mengangkat harkat dan martabatnya. Ia tidak rela untuk disingkap aib-aibnya atau pun dibeberkan kejelekannya. Karena hal ini dapat menjatuhkan dan merusak harkat dan martabatnya di hadapan orang lain.

Rasulullah Saw bersabda, “Setiap muslim terhadap muslim lainnya diharamkan darahnya, kehormatannya dan hartanya.” (HR. Muslim).

Hadits di atas menjelaskan tentang eratnya hubungan persaudaraan dan kasih sayang sesama muslim. Bahwa setiap muslim diharamkan menumpahkan darah dan merampas harta saudaranya yang seiman. Demikian pula setiap muslim diharamkan melakukan perbuatan yang dapat menjatuhkan, meremehkan, atau pun merusak kehormatan saudaranya.

Karena tidak ada seorang pun yang sempurna dan ma’shum (terjaga dari kesalahan) kecuali para Nabi dan Rasul. Sebaliknya selain para Nabi dan Rasul termasuk kita tidak lepas dari kekurangan dan kelemahan.

Suatu fenomena yang lumrah terjadi di masyarakat kita cenderung disepelekan, padahal akibatnya cukup besar dan membahayakan, yaitu ghibah (menggunjing atau menggosip). Karena dengan perbuatan ini akan tersingkap dan tersebar aib seseorang, yang akan menjatuhkan dan merusak harkat dan martabatnya.

Tahukah sahabatku, apa itu ghibah?

Ghibah adalah, menyebutkan, membuka dan membongkar aib saudaranya dengan maksud jelek.

“Apakah kalian mengetahui apa itu ghibah?” Tanya Rasul kali waktu kepada para sahabatnya.

“Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu,” jawab sahabat.

Kemudian Rasulullah Saw bersabda, “Engkau menyebutkan sesuatu yang ada pada saudaramu yang tidak disukainya. Jika yang engkau sebutkan tadi benar-benar ada pada saudaramu sungguh engkau telah berbuat ghibah, sedangkan jika itu tidak benar maka engkau telah berbuat kedustaan atasnya.” (HR. Muslim).

ALLAH Swt sangat mencela perbuatan ghibah, “Dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kalian menggunjing (ghibah) kepada sebagian yang lainnya. Apakah kalian suka salah seorang diantara kalian memakan daging saudaramu yang sudah mati? Maka tentulah kalian membencinya. Dan bertakwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Pengasih.” (QS. al-Hujurat [49]: 12)

Sahabatku, saatnya kita bersih-bersih hati, jaga lisan, jaga mata dan telinga kita dari bahaya ghibah atau gosip. Semoga Allah selalu hiasi hidup kita dengan kesenangan ibadah dan kemuliaan akhlak... Aamiin.


Baca Juga :

Bahaya Zina

Bahaya Takabur

Bahaya Memutuskan Silaturahim
Artikel Bermanfaat? :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Advertisement

ASMAUL HUSNA

SUBSCRIBE NEWS LETTER

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013-2014. ISLAM LOVERZ - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya